Game ini untuk belajar bahasa inggris dan mengenal suara
binatang, dimana dalam game ini memuat 7 binatang.
Menyiapkan lembar
kerja/stage
- Buka Flash CS5
- Pilih Action Script 2.0
- Simpan file tersebut dengan nama Binatang Edugames di folder anda
- Ganti Nama Layer1 menjadi Background
- Rubahlah ukuran Stage pada jendela properties menjadi lebar (W) : 240 dan Tinggi (H) : 320
Membuat Movie clip
untuk Background
- Klik frame 1 pada layer Background
- Matikan Stroke Color dan pilih warna biru pada Fill Color pada Toolbox
- Pilih Rectangle Tool pada Toolbox, kemudian gambarlah segiempat pada stage seperti tampak pada gambar berikut :
- Klik gambar segiempat tersebut pada stage dengan menggunakan selection tool
- Rubah ukuran segi4 tersebut pada bagian jendela Properties seperti pada tampak gambar :
- W: 240
- H: 320
- X dan Y : 0
- Klik kanan gambar segi4 tersebut dengan menggunakan selection tool, pilih Convert to Symbol
- Beri nama : bg dan pada type pilih Movie Clip
- Double klik pada gambar segi4 tsb dengan Selection Tool, sehingga akan membuka timeline dari Movieclip “bg”.
- Tambahkan Layer baru sehingga muncul Layer2
b. Pilih Action
c. Tuliskan script : stop();
d. Kemudian tutup jendela Action
e. Klik pada kanan layer 7 di layer 2, kemudian pilih Insert Frame, shg layer 2 mempunyai
panjang 7 frame
- Menyiapkan 7 frame pada layer 1, Copylah frame 1 pada layer 2 sebanyak 6 frame, caranya :
b. Tekan F6 sebanyak 6 kali
- Klik frame 2 pada layer 1, aktifkan gambar, lalu gantilah warna dari segi4 tsb
- Lakukan hal yang sama pada frame selajutnya, sehingga 7 segi4 yang berada di setiap frame di layer 1 memiliki warna yang berbeda
- Keluarlah dari timeline movieclip “bg” dengan memilih/klik scene1
- Memberi Instance name movie clip “bg”
a.
Pilih frame
1 pada layer background
b.
Klik segi4 pada stage dengan selection tool
c.
Pada Jendela Properties, berilah nama bg pada instance name
Membuat Button
- Tambahkan layer baru diatas layer background
- Ganti nama layer baru tsb dengan button
- Pilih frame 1 pada layer button
- Buatlah 5 button dan tempatkan seperti tampak pada gambar
- Tambahkan layer baru di atas layer button
- Ganti nama layer baru tsb dengan nama obyek
- Tambahkan 7 blank keyframe dari frame 1 – 7
- Import ke Library 7 gambar binatang (gambar sebaiknya yang backgroundnya transparan karena kita telah siapkan 7 background pada penjelasan sebelumnya di atas)
- Misalnya gambar yang telah dimport adalah Singa, Ayam, Burung, Kucing, Kuda, Sapi, Anjing Memindahkan gambar binatang ke layer obyek :
b. Buka jendela Library
c. Klik dan Drag file Singa dari Library ke Stage
d.
Pilih frame 2 pada layer 1
e.
Klik dan Drag file Ayam dari Library ke Stage
f. Ulangi langkah tsb untuk frame-frame selajutnya
Frame 3 Burung
Frame 4 Kucing
Frame 5 Kuda
Frame 6 Sapi
Frame 7 Anjing
Tambahkan Layer baru diatas layer Obyek Layer Action
- Ganti nama layer baru tsb dengan Action.
- Klik kanan frame 1 layer Action
- Pilih Action.
- Tulislah script sbb :
Memberi Script
pada Button Previous dan Next
- Button Previous (btPrev) di Layer Button
a.
Klik kanan btPrev pada stage
b.
Pilih Action
c.
Ketikan script sbb :
- Button Next (btNext) di Layer Button
a.
Klik kanan btNext pada stage
b.
Pilih Action
c.
Ketikan script sbb :
Me-Linkage
File-File Suara
- Importlah file suara-suara binatang (wav) ke Library (dalam latihan file sudah saya importkan ke library)
- Berikut file suara yang sudah masuk ke jenjdela library :
- Klik kanan file suara pertama (Bird.wav) di library
- Pilih Properties
- Beri nama Indentifier dgn Bird.wav dan Ceklist pilihan berikut :
- Lakukan hal yang sama utk file-file suara berikutnya.
Agar lebih cepat tanpa melakukan linkage satu persatu pada file suara, berikut cara cepatnya :
- Saya menganggap Bird.wav telah di linkage dengan cara di atas, selajutnya kita akan melinkage file ke 2 dst
- Klik file Cat,wav kemudian tekan Shift dan kemudian kik file terakhir (Voicesinga.wav)
- Pilih Properties
- Lakukan seperti pada gambar :
- Setelah semua ter Linkage maka pada Library akan tampak sbb :
Memberi Script pada Button English dan Indonesia
- Button English (btEnglish) di Layer Button
b. Pilih Action
c. Ketikan script sbb :
- Button Indonesia (btIndonesia) di Layer Button
b. Pilih Action
c. Ketikan script sbb :
- Button Speaker (btSound) di Layer Button
b. Pilih Action
c. Ketikan script sbb :
Demikian Tutorial MEMBUAT GAME EDUKASI BAHASA INGGRIS ADOBE FLASH CS5. Semoga bermanfaat bagi semua.
Tutorial Oleh (Dickie J.S.H Siregar,M.Kom)
Uploaded by Admin.
0 komentar