MEMBUAT GAME EDUKASI BAHASA INGGRIS ADOBE FLASH CS5

Game ini untuk belajar bahasa inggris dan mengenal suara binatang, dimana dalam game ini memuat 7 binatang.
Menyiapkan lembar kerja/stage
  • Buka Flash CS5
  • Pilih Action Script 2.0
  • Simpan file tersebut dengan nama Binatang Edugames di folder anda
  • Ganti Nama Layer1 menjadi Background
  • Rubahlah ukuran Stage pada jendela properties menjadi lebar (W) : 240 dan Tinggi (H) : 320










Membuat Movie clip untuk Background
  • Klik frame 1 pada layer Background
  • Matikan Stroke Color dan pilih warna biru pada Fill Color pada Toolbox





  • Pilih Rectangle Tool pada Toolbox, kemudian gambarlah segiempat pada stage seperti tampak pada gambar berikut :

















  • Klik gambar segiempat tersebut pada stage dengan menggunakan selection tool
  • Rubah ukuran segi4 tersebut pada bagian jendela Properties seperti pada tampak gambar :











  • W: 240
  • H: 320
  • X dan Y : 0
  • Klik kanan gambar segi4 tersebut dengan menggunakan selection tool, pilih Convert to Symbol
  • Beri nama : bg dan pada type pilih Movie Clip






  • Double klik pada gambar segi4 tsb dengan Selection Tool, sehingga akan membuka timeline dari Movieclip “bg”.





  • Tambahkan Layer baru sehingga muncul Layer2
           a. Pada frame1 di layer 2 klik kanan
           b. Pilih Action
           c. Tuliskan script : stop();
           d. Kemudian tutup jendela Action
           e. Klik pada kanan layer 7 di layer 2, kemudian pilih Insert Frame, shg layer 2 mempunyai
               panjang 7 frame
  • Menyiapkan 7 frame pada layer 1, Copylah frame 1 pada layer 2 sebanyak 6 frame, caranya :
          a. Klik frame 2 pada layer 1
          b. Tekan F6 sebanyak 6 kali







  • Klik frame 2 pada layer 1, aktifkan gambar, lalu gantilah warna dari segi4 tsb
  • Lakukan hal yang sama pada frame selajutnya, sehingga 7 segi4 yang berada di setiap frame di layer 1 memiliki warna yang berbeda
  • Keluarlah dari timeline movieclip “bg” dengan memilih/klik scene1





  • Memberi Instance name movie clip “bg
          a.       Pilih frame 1 pada layer background
          b.      Klik segi4 pada stage dengan selection tool
          c.       Pada Jendela Properties, berilah nama bg pada instance name














Membuat Button
  • Tambahkan layer baru diatas layer background
  • Ganti nama layer baru tsb dengan button
  • Pilih frame 1 pada layer button
  • Buatlah 5 button dan tempatkan seperti tampak pada gambar













  • Panjangkan durasi layer 1 dan 2 sampai frame 7 (knapa 7? Karena nanti ada 7 binatang)








Layer Obyek/Binatang
  • Tambahkan layer baru di atas layer button 
  • Ganti nama layer baru tsb dengan nama obyek 
  • Tambahkan 7 blank keyframe dari frame 1 – 7






  • Import ke Library 7 gambar binatang (gambar sebaiknya yang backgroundnya transparan karena kita telah siapkan 7 background pada penjelasan sebelumnya di atas) 
  • Misalnya gambar yang telah dimport adalah Singa, Ayam, Burung, Kucing, Kuda, Sapi, Anjing Memindahkan gambar binatang ke layer obyek : 
         a. Pilih frame 1 pada layer 1
         b. Buka jendela Library
         c. Klik dan Drag file Singa dari Library ke Stage


















         d.       Pilih frame 2 pada layer 1
         e.      Klik dan Drag file Ayam dari Library ke Stage


















           f. Ulangi langkah tsb untuk frame-frame selajutnya

Frame 3 Burung
Frame 4 Kucing
Frame 5 Kuda
Frame 6 Sapi
Frame 7 Anjing

Tambahkan Layer baru diatas layer Obyek Layer Action
  • Ganti nama layer baru tsb dengan Action.
  • Klik kanan frame 1 layer Action 
  • Pilih Action.
  • Tulislah script sbb :









Memberi Script pada Button Previous dan Next
  • Button Previous (btPrev) di Layer Button
          a.       Klik kanan btPrev pada stage
          b.      Pilih Action
          c.       Ketikan script sbb :









  • Button Next (btNext) di Layer Button
          a.       Klik kanan btNext pada stage
          b.      Pilih Action
          c.       Ketikan script sbb :










Me-Linkage File-File Suara
  • Importlah file suara-suara binatang (wav) ke Library (dalam latihan file sudah saya importkan ke library)
  • Berikut file suara yang sudah masuk ke jenjdela library :
  • Klik kanan file suara pertama (Bird.wav) di library 
  • Pilih Properties
  • Beri nama Indentifier dgn Bird.wav dan Ceklist pilihan berikut :

















  • Lakukan hal yang sama utk file-file suara berikutnya. 
TIPS : Linkage file suara
Agar lebih cepat tanpa melakukan linkage satu persatu pada file suara, berikut cara cepatnya : 
  • Saya menganggap Bird.wav telah di linkage dengan cara di atas, selajutnya kita akan melinkage file ke 2 dst 
  • Klik file Cat,wav kemudian tekan Shift dan kemudian kik file terakhir (Voicesinga.wav) 
  • Pilih Properties 
  • Lakukan seperti pada gambar :

















  • Setelah semua ter Linkage maka pada Library akan tampak sbb :

Memberi Script pada Button English dan Indonesia
  • Button English (btEnglish) di Layer Button
          a. Klik kanan btEnglish pada stage
          b. Pilih Action
          c. Ketikan script sbb :




















  • Button Indonesia (btIndonesia) di Layer Button 
           a. Klik kanan btIndonesia pada stage
           b. Pilih Action
           c. Ketikan script sbb :



















  • Button Speaker (btSound) di Layer Button 
          a. Klik kanan btSound pada stage
          b. Pilih Action
          c. Ketikan script sbb :






















Demikian Tutorial MEMBUAT GAME EDUKASI BAHASA INGGRIS ADOBE FLASH CS5. Semoga bermanfaat bagi semua. 
Tutorial Oleh (Dickie J.S.H Siregar,M.Kom)
Uploaded by Admin.
Load disqus comments

0 komentar